Minggu, 14 April 2013

Teknik Pernapasan Dalam BerNasyid

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tahukah anda bahwa bernasyid butuh teknik ? Apa bila anda tidak mengetahui teknik lagu yang anda bawakan tidak akan bisa mendapatkan hasil secara maksimal. Bernapas saya Ada tekniknya lho.. Kita akan membahas 'Teknik Pernapasan' dalam Bernasyid. Jadi, Apabila anda sudah tahu Teknik Pernapasan jangan asal Mengambil napas ya.. Nanti Lagunya tidak enak didengar cape deh... 
Teknik Pernapasan
Teknik Pernapasan
  
Teknik Pernapasan :
Secara umum ada tiga macam teknik pernapasan, yaitu :
     1.      Pernapasan dada.
     2.      Pernapasan perut.
3.   Pernapasan diafragma.


ada yang tahu ke 3 Teknik pernapasan itu ?
  1.  Pernapasan Dada 
    Teknik pernapasan dada mengambil napas dengan membusungkan dada, sehingga dada terangkat ke atas. Teknik pernapasan ini tidak baik digunakan  dalam bernyanyi, karena menyebabkan rongga dada, bahu, leher dalam keadaan tegang, sehingga alat-alat suara dalam tenggorokan dan alat-alat pernapasan seperti trachea / pita suara dan paru-paru dalam rongga dada menjadi kaku. Akibatnya akan menghasilkan suara yang tegang dan kaku pula.

  2. Pernapasan Perut
    Teknik pernapasan perut mengambil napas dengan membusungkan perut. Teknik pernapasan ini memang tidak menimbulkan ketegangan pada rongga dada, leher dan bahu, Tetapi teknik ini tidak dapat menghasilkan suara yang tinggi dan keras.
  3. Pernapasan Diafragma
    Teknik pernapasan diafragma adalah teknik yang paling tepat digunakan pada saat menyanyi, karena pada waktu mengambil napas sekat ronga badan / diafragma mengembang. Tepatnya diafragma terletak antara rongga dada dan perut.
Jadi, Usahakan Jangan asal bernapas ya saat berNasyid.Para Munsyid harus pintar pintar mengolah Napas agar lagu yang dibawakan mendapatkan hasil yang maksimal.  
Terimakasih..

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
*Sumber : http://nasyidmu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar